DESCRIPTION

Metode pengembangan karyawan dengan pertemuan tatap muka antara atasan dan bawahan yang sering di terapkan paling tidak ada tiga metode yaitu : Training, Coaching dan Counselling. Penguasaan dan penerapan dengan benar ketiga metode tersebut akan menjadikan seorang pemimpin memiliki kepemimpinan yang lebih kuat dan lebih berwibawa di depan anggota tim kerjanya. Dalam upaya pengembangan karyawan dan agar setiap orang dapat mencapai sasaran kerjanya, manajer/supervisor berkewajiban untuk membantu setiap orang dalam timnya dengan cara memberikan coaching dan konseling.

Coaching adalah suatu cara untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan dan kapasitas setiap orang sehingga berhasil mencapai sasaran kerjanya. Coaching dapat dilakukan kapan saja supervisor merasa perlu, tidak bergantung pada jadual tertentu.

Konseling (counseling) adalah teknik untuk meningkatkan efektifitas perilaku dan sikap mental agar sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Konseling dilakukan apabila setelah coaching dilakukan tidak terjadi perubahan atau peningkatan kinerja dari bawahannya. Konseling lebih mengarah pada aspek psikologis dari individual, sehingga untuk melaksanakan konseling seorang manajer /supervisor perlu dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan untuk memahami kebutuhan-kebutuhan psikologis tersebut.

Selain itu, coaching dan counseling bukan hanya merupakan tools untuk mengembangkan kompetensi karyawan tetapi juga ditujukan untuk memelihara komitmen untuk mencapai Key Performance Indicator yang telah disepakati.

Selama pelatihan ini, peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengidentifikasi adanya gap kualitas kerja dan memberikan pengembangan dengan menggunakan metode yang tepat antara Coaching atau Counselling.

OBJECTIVES

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan dapat:

  • Memberikan coaching dan counselling secara efektif kepada orang lain/bawahannya.
  • Menjelaskan peranan pengembangan kualitas kinerja SDM dan Strategi Perusahaan/Organisasi terutama menggunakan pendekatan One to One Development.
  • Menjelaskan bagaimana mengidentifikasi adanya kesenjangan kualitas dan perilaku kerja.
  • Menjelaskan perbedaan pengertian antara Coaching dan Counseling.
  • Menjelaskan syarat untuk menjadi Coach dan Counselor.
  • Menjelaskan langkah-langkah dalam memberikan Training, Coaching dan Counseling.
  • Menjelaskan berbagai hambatan untuk menjadikan One to One Employee Development menjadi budaya perusahaan.

MATERI 

  • Berbagai pendekatan dalam mengoptimalkan kualitas kinerja SDM.
  • Strategic Management dan Strategic Individual Performance Development
  • Latar belakang atau pentingnya Coaching dan Counseling
  • Konsep Coaching dan Counseling
  • Berbagai Teknik Coaching dan Counseling
  • Proses Coaching
  • Proses Counselling
  • Jenis layanan dan kegiatan Coaching dan Counseling
  • Strategi membangun budaya Coaching dan Counseling dalam membangun hubungan karyawan dan perusahaan menjadi sinergis.
  • Wawasan tentang pemahaman penanganan dan penyikapan terhadap kasus
  • Dealing with difficult people
  • Latihan Ketrampilan Coaching
  • Latihan Ketrampilan Counseling

PARTICIPANTS

Pelatihan ini sangat sesuai diikuti bagi mereka yang secara stuktural menjabat sebagai manajer atau supervisor, para pemimpin tugas ataupun hanya sebagai personal/ karyawan yang ingin memiliki kemampuan mengarahkan, mengajari atau memotivasi orang lain

TRAINING METHOD
  • Group Discussions
  • Group & Individual Exercises
  • Presentations
  • Games
  • Case Studies
  • Role Plays
  • Self-Assessment
  • Action Plan
FACILITIES
  • Certificate,
  • Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB),
  • Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel (Public Training)
  • Lunch and Coffee Breaks (Public Training)
  • Souvenir
Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.
Catatan :
  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Trainingdengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Info Jadwal Training , Training, Training di Bandung, Training di Jakarta, Training di Bali, Training di Yogyakarta, Training di Lombok, Training di Surabaya, Training di Malang, Training di Solo, Training di Medan, Training di Manado, Training di Batam, Training di Semarang, Training di Bogor,
Advertisements